Apakah Anda sering menggunakan panggilan call center J&T? Begini cara kerjanya!
Jika Anda memiliki bisnis online dan menggunakan ekspansi J&T, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan call center J& T, di mana Anda bisa menyampaikan banyak hal mulai dari kritik, saran hingga keluhan. Saat ini banyak perusahaan khususnya di bidang jasa yang memiliki layanan CS untuk membantu konsumen menanyakan jasanya.
Customer service atau CS dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi pengguna Anda ketika ada percakapan dua arah. Bahkan, tidak hanya perusahaan di bidang jasa, beberapa perusahaan yang menjual suatu produk juga telah memberikan layanan pelanggan.
Biasanya, perusahaan yang menjual suatu produk, terutama produk yang banyak dikenal masyarakat, selalu memiliki layanan CS 24 jam. Tujuannya agar konsumen dapat menyampaikan kritik dan saran terhadap keluhan terhadap produknya, tentunya demi meningkatkan kualitas dan pelayanan sehingga semakin digandrungi oleh masyarakat.
Konsumen juga dapat bertanya tentang produk dan customer service, hal ini dapat dijadikan solusi paling efektif yang dapat meningkatkan kualitas produk itu sendiri. Jadi, sungguh menakjubkan bahwa Anda juga dapat menghubungi call center J&T untuk menjaga kualitas dan membawa kepuasan bagi pengguna Anda.
Tentang Call Center atau Customer Service
Call center atau CS sebenarnya adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan, untuk menyelesaikan permasalahan di lapangan seperti keluhan, kritik dan saran dari konsumen melalui telepon, live chat dan email. Nantinya, akan dibuat percakapan dua arah antara konsumen dan perusahaan.
Biasanya, CS sendiri juga digunakan sebagai proses administrasi dan mendukung suatu produk dimana perusahaan akan meneliti informasi tentang pelanggannya. Misalnya, jika Anda memiliki keluhan tentang pengiriman barang, tentu saja, Anda harus menghubungi CS untuk memberi tahu mereka tentang hal itu.
Anda akan diminta untuk mengajukan keluhan secara rinci, hanyasebagai bentuk pertanggungjawaban untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, perusahaan juga mengetahui informasi penting tentang kekurangan produk atau layanan yang ditawarkan. Tidak bertanya-tanya apakah semua perusahaan selalu menyediakan layanan seperti itu.
Call center J&T bahkan bisa diakses 24 jam sehari, bahkan pada hari libur nasional dan hari libur besar lainnya juga bisa dihubungi. Tujuannya agar perusahaan tetap terhubung dengan konsumen dan segala macam keluhan dapat diselesaikan tanpa harus menunggu hari atau jam tertentu.
Kepuasan pelanggan tentu saja nomor satu, bahkan sebuah perusahaan bisa kolaps jika produknya tidak disukai masyarakat. Oleh karena itu, kehadiran call center J&T atau CS sangat penting untuk mendukung sebuah perusahaan agar tumbuh dan dicintai oleh konsumennya.
Biasanya, layanan pelanggan juga terhubung melalui sistem input tambahan. Anda dapat menggunakan jaringan komputer seperti LAN, mikrokomputer, dan mainframe. Kemudian ditambahkan dengan jaringan data dan suara yang akan dipusatkan melalui link dengan teknologi yang disebut CTI atau computer telephony integration.
Apa tugas dan tanggung jawab CS?
Ketika berbicara tentang call center J&T, anda mungkin sudah tahu apa saja tugasnya seperti CS atau call center itu sendiri. Seperti yang Anda ketahui, di mana CS akan menerima panggilan masuk atau panggilan dari pelanggan atau pelanggan, setelah itu, tentu saja, dengarkan dengan baik keluhan pelanggan .
CS wajib mendengarkan setiap keluhan yang disampaikan oleh pelanggan atau konsumen dan kemudian memberikan respon yang tepat terkait setiap permasalahan atau kendala yang dihadapi konsumen. Seorang CS juga dituntut untuk selalu ramah dan cepat tanggap, tentunya juga harus memberikan solusi terbaik.
Biasanya, pusat tersebut juga menggunakan sistem perangkat lunak, di mana perangkat menggunakan informasi historis sesuai dengan kebutuhan sistem. Nantinya akan ada operator atau agen yang bertugas menerima panggilan telepon dengan salam untuk menghadiri keluhan dan permintaan.
Kemudian ada agent supervisor yang bertugas memvalidasi dan mengevaluasi kinerja operator atau agen call center. Kemudian ada juga petugas CS yang menangani keluhan anomali secara langsung, sehingga biasanya beberapa klien atau pelanggan juga datang langsung ke kantor perusahaan.
Cara kerja CS secara umum
Tentunya call center J&T memiliki cara kerja yang sama dengan CS pada umumnya, dimana tujuan dari call center tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas guna mencapai kepuasan pelanggan. Serta mencari tahu keluhan atau permasalahan apa saja yang dialami konsumen terkait produk atau jasa.
Seseorangyang berprofesi sebagai operator atau agen call center memang harus memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif. Tujuannya agar pelanggan mengetahui bahwa call center memiliki kapasitas atau kompetensi dalam hal memecahkan masalah yang mereka hadapi.
Keterampilan tersebut dapat mencakup nada bicara, tata bahasa, dan memilih kosakata yang benar. Memilih kosakata yang baik adalah salah satu keterampilan komunikasi yang harus dimiliki oleh seorang operator. Maka sangat penting untuk mengetahui produk atau jasa perusahaan.
Jenis CS di agen call center
Jika Anda penasaran apa saja jenis call center yang berasal dari J&T atau bisnis pada umumnya, ada beberapa jenis panggilan, seperti inbound call center atau inbound call center. Pusat panggilan masuk bertanggung jawab untuk menerima panggilan masuk dari pelanggan atau pelanggan.
Lalu ada call center keluar yang bertugas melakukan panggilan keluar yang biasanya dilakukan hanya sebagai penjualan. Di mana orang-orang ini sudah ada dalam daftar, mereka benar-benar ingin menghubungi atau melaporkan detail produk dan layanan perusahaan.
Hal ini juga dapat dilakukan terkait dengan keluhan dari pelanggan atau pelanggan sebelumnya. Banyak jenis call center atau CS yang beragam, seperti call center domestik, call center internasional, call center internal, call center outsourcing, call center home atau virtual, dan lain-lain.
Untuk call center J&T, center itu sendiri tidak hanya diurutkan dalam metode komunikasi melalui panggilan. Anda dapat menghubunginya melalui email, melalui situs web perusahaan ke akun media sosial perusahaan. Kamu juga bisa membuat direct message di akun Instagram J&T.
Untuk alamat email, Anda dapat mengirimkan keluhan atau saran kritik pada jntcare@jne.co.id. Bisa juga melalui akun media sosial seperti Instagram dan Twitter di @jntexpressid atau melalui akun Facebook di J&T express. Ada manajer media sosial yang akan merespons dengan cepat.
Jadi, Anda hanya bisa menghubungi melalui menu call, karena Anda bisa membuat list permasalahan yang terjadi dan mengirimkannya ke berbagai akun media sosial yang tertera. Bahkan untuk layanan CS J&T sendiri, Anda bisa menghubunginya melalui WhatsApp di nomor 082811846188.
Cara menghubungi akun media sosial, maka pastikan untuk mengunjungi akun resminya. Hubungi akun media sosial resmi J&T secara langsung dan Anda akan mendapatkan respons yang lebih cepat. Sehingga akun media sosial J&T bisa menjadi pilihan yang berbeda dengan menggunakan call center J&T.