Pembatalan tiket dengan metode manual : AvandaMobil

Hubungi Pusat Panggilan Kai untuk pengembalian dana praktis

Sudahkah Anda membeli tiket kereta api tetapi akan membatalkannya karena beberapa bisnis? Cukup hubungi pusat panggilan kai untuk pengembalian dana dan dapatkan uang Anda kembali dengan mudah. Menggunakan opsi transportasi kereta api saat ini adalah pilihan terbaik untuk kenyamanan.

Selain mekanisme pemesanan yang cukup mudah, kini pelanggan juga mendapatkan keuntungan dengan opsi refund jika perjalanan tidak selesai. Dengan adanya manfaat tersebut, pelanggan tidak merasa dirugikan dengan kendala yang muncul ketika ingin melakukan perjalanan dengan kereta api.

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikan uang secara efektif untuk tiket yang telah Anda pesan sebelumnya? Ada beberapa cara yang bisa dicoba pengguna, yakni dengan menggunakan aplikasi resmi dari KAI atau kemampuan untuk langsung menuju loket stasiun. Sebelum menghubungi call center kai untuk pengembalian dana , ada baiknya anda mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Melakukan pemesanan melalui Kai Access

Tidak hanya untuk pembatalan, aplikasi resmi KAI ini juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket perjalanan yang praktis. Tanpa harus mengantre lama atau menghabiskan waktu lama hanya untuk memesannya melalui loket stasiun, lihat langkah-langkah untuk memesan tiket menggunakan Kai Access di bawah ini.

  1. Pertama, Anda perlu mendaftar. Pilih menu “akun” untuk proses tersebut.
  2. Kemudian pilih menu “home” dan tentukan jenis kereta yang ingin digunakan.
  3. Langkah selanjutnya adalah menentukan kampung halaman dan kota tujuan wisata Anda.
  4. Pemesan juga wajib memberikan tanggal keberangkatan. Aplikasi ini juga menyediakan opsi tiket pulang pergi untuk memudahkan pelanggan. Merasa cemas? Hubungi call center kai untuk refund untuk informasi lebih lengkap.
  5. Pada langkah selanjutnya, pemesan harus menentukan jumlah penumpang (maksimal 4 orang), asalkan penumpang di bawah usia tiga tahun diklasifikasikan sebagai penumpang kategori bayi.
  6. Selanjutnya, tentukan kereta yang ingin digunakan, beserta jenis kelas, waktu keberangkatan, dan harga yang harus dibayar.
  7. Pemesan kemudian harus memberikan data pribadinya.
  8. Kemudian pemesan mengisi nomor kursi, serta troli sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan kursi yang dipesan masih kosong dan belum dipesan oleh orang lain.
  9. Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran tiket. Ada beberapa pilihan pembayaran, seperti menggunakan sistem payment point, melalui aplikasi LinkAja atau transfer melalui ATM, electronic banking atau M-Banking.
  10. Jika anda menemukan masalah, anda bisa langsung menghubungi call center kai untuk pengembalian dana atau cukup menanyakan prosedur pembelian.

Membatalkan tiket dengan akses kai

Pelanggan yang ingin membatalkan tiketnya dapat dengan mudah menggunakan aplikasi resmi KAI. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke KAI Access

Pada langkah pertama, Anda harus terlebih dahulu masuk ke aplikasi. Jika pengguna belum menginstal aplikasi, mereka dapat mengunduhnya dari Google Play atau App Store.

  1. Masuk ke menu Pembatalan

Setelah membuka aplikasi, langkah selanjutnya adalah memilih menu “batal”. Menu akan menampilkan tiket yang telah Anda pesan sebelumnya, lalu dilanjutkan dengan memilih tiket yang akan dibatalkan.

  1. Masuk ke menu detail tiket

Sebelum Anda memutuskan untuk menghubungi call center kai untuk pengembalian dana, akan lebih baik untuk mencoba metode berikut. Setelah Anda masuk ke menu pembatalan, lanjutkan dengan memilih menu “halaman detail tiket”. Di sana, tampilan data penumpang akan ditampilkan. Kemudian pilih nama yang ingin Anda batalkan beserta informasi rekening bank Anda sebagai media pengembalian dana.

  1. Konfirmasi pembatalan

Setelah penumpang diidentifikasi dan rekening bank telah dipilih, proses pengembalian dana dapat dilanjutkan dengan mengonfirmasi pembatalan. Cukup tekan opsi “Batalkan Tiket” untuk melanjutkan proses. Namun sebelum menyelesaikan proses di atas, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa semua data telah diisi dengan benar.

  1. Periksa detail riwayat

Pemeriksaan terperinci dari riwayat pembatalan harus dilakukan sebelum keluar dari aplikasi. Untuk mengecek riwayat pembatalan, Anda hanya perlu memilih menu “Detail Riwayat” lalu cek detailnya di halaman yang tersedia.

Pembatalan tiket dengan metode manual

Selain cara-cara di atas, ada baiknya pelanggan juga mengetahui langkah-langkah pembatalan tiket yang telah dibeli menggunakan mekanisme manual. Sebelum memutuskan untuk menghubungi call center kai untuk pengembalian dana, tidak ada salahnya untuk mencoba petunjuk di bawah ini.

  1. Menuju stasiun kereta api

Karena mekanisme ini adalah instruksi, pemilik tiket harus pergi ke stasiun kereta api terdekat. Secara umum, stasiun akan menunjukkan beberapa kondisi sebelum melakukan pengembalian uang, seperti kode booking, identitas orang yang melakukan reservasi dan fotokopi identitas.

  1. Kelengkapan data penumpang

Setelah mengunjungi stasiun terdekat, pemesan dapat bertemu dengan departemen layanan pelanggan. Cs kemudian akan memberikan formulir, yang nantinya harus diisi oleh pihak yang memberitahukan.

Proses aplikasi itu sendiri juga berlangsung di titik pembatalan khusus. Pihak yang mereferensikan juga harus mengisi data sesuai dengan formulir, yang terdiri dari dua salinan, yaitu data tiket dan data penumpang. Kesulitan dengan mekanisme yang ditawarkan? Hubungi call center kai untuk pengembalian dana jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut.

  1. Kunjungi konter untuk mendapatkan pengembalian dana

Langkah selanjutnya adalah mengajukan pengembalian dana di kasir yang sudah tersedia. Di sini, pejabat akan menyajikan dua opsi untuk membayar pengembalian dana, yaitu melalui transfer bank atau uang tunai. Untuk kedua opsi tersebut, waktu pencarian hingga 30×24 jam dari awal pembatalan.

  1. Dapatkan pengembalian dana

Langkah selanjutnya adalah menerima jumlah nominal sesuai dengan tiket yang anda batalkan tadi. Namun sebelum mengunjungi mesin kasir, pastikan Anda membawa formulir yang sebelumnya disediakan dari petugas yang ditugaskan sebelumnya sesuai dengan proses sebelumnya.

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah nominal yang diberikan KAI tentu tidak mencapai 100%. Jika Anda penasaran mengapa hal ini terjadi, silakan hubungi kai call center untuk pengembalian dana dan informasi terkait hal tersebut.

Pengembalian melalui call center

Di tahun 2020, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan kemudahan dalam hal proses pembatalan dan pengembalian tiket yang dipesan konsumen terlebih dahulu. Sekarang prosesnya baru berumur kurang dari tiga hari. Namun, mereka meminta pelanggan untuk menggunakan sistem online untuk laporan tersebut.

Selain itu, pemohon pengembalian dana juga harus memperbarui permintaan akses kai mereka. Proses pembaruan aplikasi dapat dilakukan dengan mengunduhnya dari Play Store atau App Store untuk mendapatkan aplikasi versi terbaru. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dengan menghubungi call center kai untuk pengembalian dana.

Langkah selanjutnya sama dengan poin-poin yang dijelaskan di atas, yaitu melalui metode registrasi identitas sesuai dengan data yang tertera pada data pemesanan tiket sebelumnya. Setelah itu, klien masuk ke menu pembatalan dan mengisi nomor rekening untuk proses transfer dana.

Kebanyakan orang mulai tertarik untuk menggunakan jasa PT Kereta Api Indonesia. Selain meningkatnya kualitas layanan yang diberikan, beberapa pembaruan, terutama pengembalian, juga lebih mudah. Bagi Anda yang membutuhkan klarifikasi lebih lanjut, cukup hubungi call center kai untuk pengembalian dana di 021-121 atau melalui email cs@kai.id.

Read More